Home » , , » RESEP CARA MEMBUAT PENTOL BAKSO ENAK

RESEP CARA MEMBUAT PENTOL BAKSO ENAK

Kalo dulu kebanyakan pentol merupakan pelengkap dari bakso yang biasa kita nikmati  di warung-warung bakso, sekarang pentol bakso telah trend menjadi jajanan tersendiri yang dinikmati langsung di sekitar kita yang biasa dijajakan paman-paman pentol. Tetapi Kadangkala kita masih meragukan kebersihan dari jajanan ini, nah dari pada jajan pentol yang engga jelas kebersihannya, lebih baik kita bikin sendiri pentol bakso yang enak ini.

Bahan Pentol:
    1/2 Kg daging sapi yang sudah digiling.
    100 gram tepung kanji.
    50 gram es batu.
    1/4 kg bawang putih yang dihaluskan.
    1 butir telur ayam.
    1 sendok teh lada putih bubuk.

Cara Membuat Pentol :
  • Campurkan es batu, daging sapi giling, telur, dan bumbu untuk pentol tadi. Kemudian haluskan dengan blender/food processor/mixer, hingga menjadi lembut dan halus.
  • Sembari mencampur tadi, tambahkan pula tepung kanji sedikit demi seikit sambil mengaduk campuran hingga rata. Setelah rata, tuang bahan pentol tersebut ke dalam baskom.
  • Selanjutnya bentuk adonan pentol sesuai dengan ukuran yang di inginkan (bisa menggunakan tangan atau cetakan khusus untuk pentol). Pentol yang sudah di bentuk di rebus kedalam air yang sudah mendidih. Masukan sesuai dengan kapasitas air, angkat pentol yang sudah terapung, yang terapung merupakan pentol yang sudah masak.
*)Selanjutnya pentol bisa dinikmati dengan dimakan langsung bersama saos atau di campur menjadi pentol bakso yang enak (Baca Cara Membuat Bakso Enak).

Demikan resep pentol bakso yang enak dan lezat. Semoga anda bisa mencobanya sendiri di rumah dan semoga resep ini bermanfaat bagi anda.

1 komentar:

Cari Resep